Senin, 01 Oktober 2012

medis pekerja sosial


johnson (1988) mengemukakan bahwa kompetensi pekerja sosial di rumah sakit adalah:
  1. Pekerja sosial medis memberikan pemahaman dorongan dan dukungan kepada pasien pada proses penyembuhan. Pekerja sosial medis menjadi sahabat, tempat bagi pasien untuk mengungkapkan dan mengeluarkan segala apa yang menjadi masalahnya sehingga dapat membantu penyembuhanya.
  2. Pekerja sosial medis dapat membawa pasien ke salah satu rumah sakit agar pasien tersebut dapat memperoleh pengobatan. Dalam hal ini termasuk dalam perencanaan dan pendekatan yang terkoordinasi dengan individu maupun keluarga
  3. Pekerja sosial medis memberikan dorongan agar pasien dapat kembali ke masyarakat menerima pasien seperti semula ketika pasien tersebut sehat.
Selain itu ada beberapa fungsi  pekerjaan sosial rumah sakit antara lain menurut Johnson marry (1988:48) ada enam fungsi pokok:
  1. Memberi bantuan dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah emosional dan sosial seorang pasien yang timbul sebagai akibat penyakit yang dideritanya.
  2. Memberikan hubungan kekeluargaan yang baik
  3. Memperlancar hubungan antara rumah sakit, penderita dan keluarga
  4. Membantu proses penyesuaian diri pasien dengan masyarakat dan sebaliknya
  5. Memanfaatkan pemahaman staf rumah sakit tentang pekerjaan sosial dan berusaha mengintegrasikan bagian pekerjaan sosial secara integral dalam tim rumah sakit. Serta Melibatkan diri dalam aksi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar